11 Aplikasi Kompres Video Paling Populer

11 Aplikasi Kompres Video Paling Populer
Rate this post

Tayangan video sekarang menjadi tontonan sebagian besar masyarakat pengguna sosial media. Tayangan video dinilai lebih menghibur dengan beragam konten yang seru dan menarik. Maka tidak heran banyak orang membuat video yang menarik untuk ditampilkan.

Beberapa orang akhirnya berfokus menekuni pembuatan video dan dikenal dengan sebutan content creator. Pekerjaan menjadi content creator sendiri haruslah mampu menciptakan video yang berkualitas dan punyai nilai lebih di mata audiens.

Guna mewujudkan hal tersebut, banyak dari content creator yang menggunakan aplikasi khusus untuk menciptakan video yang menarik. Aplikasi kompres video sendiri menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat konten tampil lebih menarik.

Sebelumnya, banyak video yang dihasilkan dengan ukuran yang terlalu besar, sehingga tidak mampu disimpan di ruang penyimpanan. Maka dari itu content creator mengakalinya dengan  melakukan pemotonganpada bagian-bagian tertentu di video, seperti pada footage.

Jika harus memotong-motong bagian video tersebut dikhawatirkan bagian yang menarik juga ikut terpotong sehingga video tidak lagi dapat tampil menarik untuk dilihat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi untuk mengompres video.

11 Aplikasi Pengompres Video

Banyak dari content creator yang menggunakan aplikasi untuk kompres video. Aplikasi dinilai sangat bermanfaat, karena membatu dalam mengubah ukuran video sesuai dengan yang diinginkan oleh content creator untuk ditampilkan.

Nah, berikut 11 aplikasi kompres video yang populer dan menjadi rekomendasi untuk digunakan. Check it out.

  1. Aplikasi Kecilkan Video & Film

Aplikasi pertama untuk mengompres video adalah Aplikasi Kecilkan Video & Film. Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah dan juga simpel. Pengguna hanya perlu memilih video ataupun film yang ada di galeri kemudian kompres menggunakan aplikasi tersebut.

Aplikasi ini berukuran 29 MB dan dapat digunakan pada Android 4.0. Aplikasi ini didukung dengan fitur kompresi high-end yang membuat video atau film dapat dikompres dengan cepat dan mudah. Kualitasnya juga tidak berpengaruh dan dapat diakses dengan berbagai format.

  • Aplikasi Video Compress

Aplikasi populer untuk mengompres video selanjutnya adalah Video Compress. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran video dengan berbagai kualitas ukuran, seperti ukuran yang rendah, normal hingga yang berkualitas tinggi.

Tampilan interface pada aplikasi Video Compress sendiri cukup friendly dan mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula sekalipun. Tak hanya itu saja, video yang dikompres dapat diatur ukurannya dalam berbagai format yang disesuaikan dengan keinginan content creator.

  • Aplikasi VidTrim – Video Editor

VidTrim menjadi aplikasi untuk converting video yang juga dapat digunakan untuk mengedit video. Aplikasi ini secara khusus juga dapat mengonversi video menjadi file audio dengan tidak mengurangi kualitas suara yang dihasilkan pada video tersebut.

Ya, jika berbicara tentang kualitas dari audio yang dihasilkan setelah konversi tersebut sama baiknya dengan video sebelum dikonversi, sehingga itu menjadi kelebihan dari aplikasi bernama VidTrim – Video Editor ini.

  • Aplikasi VideoPad – Video Editor

Aplikasi yang bernama VideoPad – Video Editor ini menghadirkan beragam fitur yang dapat diakses pada saat menggunakan aplikasi. Sehingga content creator dapat melakukan kegiatan editing yang sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhannya.

Seorang content creator dapat menggunakan fitur pemotongan video, pengaturan jarak pada setiap video, melakukan zoom di tayangan video, melakukan rotasi pada video dan bahkan memperbesar suara yang timbul pada satu bagian video.

  • Aplikasi YouCut Editor

Aplikasi mengompres video yang direkomendasikan untuk seorang content creator ialah aplikasi YouCut Editor. Aplikasi ini tak hanya digunakan untuk mengompres video namun juga dikenal untuk mengedit video sehingga membuat tampilan video menjadi lebih menarik.

Lewat aplikasi besutan Inshot Inc. ini video dapat dikurangi hingga sekitar 80% dari ukuran video semula. Tak hanya itu, aplikasi juga dilengkapi dengan beragam fitur keren untuk editing video, seperti slideshow maker, cutter & trimmer, dan juga video speed control.

  • Aplikasi Video Converter Android

Dinilai sebagai aplikasi yang cukup mudah digunakan untuk mengubah format video, aplikasi Video Converter Android menghadirkan beragam fitur dan juga pilihan untuk kualitas kompres video yang nantinya dihasilkan. Format tersebut dapat berupa format MP4 maupun MP3.

Kualitas yang dihasilkan juga masih sama seperti kualitas pada video selanjutnya. Lewat aplikasi tersebut juga dapat dilakukan pengecekan yang berkaitan dengan informasi dari video secara lengkap dan mudah.

  • Aplikasi VidCompact

Aplikasi kompres video yang direkomendasikan dan cukup populer selanjutnya ialah aplikasi VidCompact. Aplikasi ini sering digunakan untuk mengompres file video menjadi format lain yang berbentuk MP3. Aplikasi ini juga memiliki serangkaian fitur kompres yang menarik.

Tak hanya itu saja, fitur untuk mengedit video secara dasar dan profesional juga dapat ditemui pada aplikasi. Fitur seperti pemotongan video, rotasi video dan lain sebagainya dapat menjadi pilihan yang tepat ketika content creator ingin menciptakan video dengan ukuran yang pas.

  • Aplikasi Handbrake

Aplikasi konversi dan kompres video selanjutnya adalah aplikasi yang bernama HandBrake. Aplikasi ini masuk dalam kategori open source yang mana banyak digunakan untuk mengecilkan ukuran pada video tanpa harus mengurangi kualitas dari video yang dikompres.

Aplikasi ini juga dapat mengubah format video menjadi beragam format yang dapat disesuaikan dengan perangkat.

  • Aplikasi Video Smaller

Layanan aplikasi untuk kompres video yang gratis ini bernama Video Smaller. Aplikasi ini membuat pengguna dapat mengurangi dan mengganti format video tanpa harus menginstall aplikasi. Ini karena dapat dilakukan secara online lewat internet.

Kompres video yang dilakukan juga tidak mengurangi kualitas dari video tersebut. Cara mengecilkannya juga cukup mudah untuk dilakukan. Unggah terlebih dahulu video pada internet untuk kemudian video tersebut siap untuk dikompres sesuai ukuran yang diinginkan.

  1. Aplikasi ACOnvert

Aplikasi untuk mengompres video tanpa harus diinstall lainnya ialah AConvert. Aplikasi ini sifatnya online yang mana dapat digunakan dengan mengaksesnya secara gratis di internet. Aplikasi ini berfungsi mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas yang dihasilkan.

Dan tidak hanya itu saja, aplikasi juga dapat digunakan untuk mengonversi format video menjadi format yang diinginkan oleh seorang content creator.

  1. Aplikasi Kompresor Video by Alyaanah

Aplikasi untuk kompres video yang terakhir ialah aplikasi yang bernama Kompresor Video by Alyaanah. Aplikasi ini dapat mengubah ukuran pada video dari kecil menjadi besar atau besar dikecilkan. Selain itu aplikasi juga mendukung perubahan format pada video yang diinginkan.

Ada format MP4, 3GP, MKV hingga MOV untuk pilihan format video yang akan dikonversi nantinya. Yang menarik, video yang telah dikompres maupun dikonversi tersebut tidak kehilangan kualitas sebagaimana sebelumnya.

Nah, demikian tadi informasi seputar beragam aplikasi kompres video yang direkomendasikan dan populer digunakan di kalangan content creator untuk menciptakan video dengan kualitas yang terbaik namun ukuran yang sesuai dengan perangkat. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.