Rekomendasi Aplikasi Aksara Untuk Android

Rekomendasi Aplikasi Aksara Untuk Android
Rate this post

Jika Anda pernah bepergian ke Jogja atau Solo, Anda bisa menjumpai satu hal unik pada papan nama jalan yang ada. Hal unik ini adalah tulisan dengan tinta putih yang menggunakan aksara Jawa. Umumnya pada tulisan beraksara Jawa itu disertai padanannya dengan huruf latin.

Untuk Anda yang belum pernah mempelajari aksara Jawa mungkin akan mengalami kesulitan, misalnya saja tulisan padanan berhuruf latin tak jelas dan hanya ada tulisan beraksara Jawa. Untuk berjaga-jaga Anda bisa menggunakan aplikasi aksara Jawa di perangkat Android Anda.

Belajar Aksara Jawa Menggunakan Perangkat Android

Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mempelajari aksara Jawa dengan perangkat Android. Berikut ini kami telah merangkum rekomendasi aplikasi untuk belajar aksara Jawa menggunakan perangkat Android.

  1. Aksara Jawa

Kesan pertama ketika mencoba aplikasi ini adalah ringan dan simpel. Wajar sebab ukurannya hanya 2,8 MB. Pada halaman muka, terdapat enam kategori yang menjadi pengenalan awal huruf-huruf Jawa. Enam kategori ini antara lain Aksara Jawa, Sandangan, Aksara Swara, Aksara Murda, Wilangan dan Aksara Rekan.

Aplikasi ini memberikan contoh kata untuk masing-masing kategori. Contohnya pada kategori Aksara Jawa, terdapat contoh penulisan kata nanas saat seseorang akan memakai huruf “Na”. Fitur lainnya yang tersedia adalah translasi dari aksara latin ke aksara Jawa atau sebaliknya.

Dengan mengetik kata atau kalimat menggunakan aksara latin, secara otomatis aplikasi ini akan menulisnya dalam aksara Jawa. Hal yang cukup disayangkan pada aplikasi ini adalah telah lama tak diperbarui. Tak hanya itu, iklan pun terkadang mengganggu saat akan mengetik suatu kata.

  • Nulis Aksara Jawa

Aplikasi Nulis Aksara Jawa memberikan dorongan agar pengguna gemar berlatih. Sebab, saat membuka aplikasi ini, tampilan awal yang ada langsung meminta pengguna untuk mengetik suatu kata atau kalimat dengan huruf latin.

Setelah mengetikkan suatu kata, aplikasi ini seketika menampilkan padanannya dengan aksara Jawa. Teori ketentuan menulis disampaikan dengan ringkas pada aplikasi yang dikembangkan oleh UZAN in. Beberapa teori dapat ditemukan dengan menggeser tampilan utama ke bawah.

Sisanya, Anda diinstruksikan untuk langsung berlatih menulis aksara Jawa. Kekurangan dari aplikasi aksara Jawa ini adalah tak ada fitur pengecekan apakah penulisan sudah tepat atau belum.

  • Hanacaraka

Hanacaraka termasuk aplikasi yang cukup lengkap untuk membantu belajar aksara Jawa. Tak hanya memberi tahu beragam aksara, penggunaan dan cara menulis, aplikasi ini juga menyertakan cara membacanya.

Ada pula ketentuan-ketentuan untuk penggunaan tanda baca beserta contohnya. Satu hal yang membuat aplikasi ini menarik adalah fitur latihan dan juga evaluasi. Pada fitur latihan, Anda akan dites dalam membaca dan menulis huruf, membaca kata, serta mengucapkan kata.

Bila Anda merasa cukup mahir, Anda dapat mencoba kemampuan dengan mengerjakan soal evaluasi. Ada tiga tingkat kesulitan soal evaluasi yang diberikan. Ukuran dari aplikasi Hanacaraka ini sendiri tak besar, hanya sekitar 3,9 MB.

  • Marbel Hanacaraka

Bila ketiga aplikasi yang disebutkan sebelumnya terkesan serius, untuk aplikasi satu ini lebih santai dan ramah bagi anak-anak. Aplikasi ini adalah Marbel Hanacaraka dari pengembang Educa Studio.

Ketika membuka aplikasi, ada suara narator yang menyambut pengguna. Selama aplikasi dibuka ada pula musik yang mengiringinya. Aplikasi ini membagi fitur menjadi dua kategori utama, yaitu belajar dan bermain.

Pada fitur belajar, terdapat 10 materi pembelajaran yang tersedia. Tiga diantaranya adalah aksara, pasangan dan sandhang yang sudah dibuka aksesnya. Untuk dapat mengakses tujuh materi berikutnya, pengguna harus membuka gembok dengan kredit berupa bintang. Dengan menonton iklan maka bintang dapat diperoleh.

Sementara pada fitur bermain, terdapat empat permainan yang dapat dicoba yaitu tebak aksara, puzzle, tebak pasangan, dan menulis aksara. Akan tetapi sama dengan fitur belajar, hanya dua permainan yang aksesnya dibuka yaitu tebak aksara dan puzzle. Secara umum aplikasi ini menarik sebab narator nantinya selalu memandu pada setiap fitur yang ada.

  • Sinau Bahasa Jawa

Tampilan dari aplikasi Sinau Bahasa Jawa cukup sederhana tanpa adanya animasi aneh-aneh. Pada halaman pembuka aplikasi ini, pengguna bisa menemukan dua tombol navigasi. Tombol kiri mengarah pada materi belajar, sedangkan tombol kanan mengarah pada permainan tebak-tebakan.

Pada materi belajar, terdapat 12 materi yang disiapkan. Dua diantaranya telah dibuka aksesnya, yaitu aksara carakan dan tembung. Aksara berisi 20 huruf Jawa dengan beberapa contoh penggunaannya pada penulisan kalimat. Sedangkan tembung atau kata merupakan contoh kata-kata bahasa Jawa beserta ketentuan penggunaannya.

Pada permainan, terdapat 20 tema yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari, seperti rumah, sekolah, tumbuhan dan olahraga. Masing-masing tema memiliki 46 tingkat kesulitan. Kami sempat mencoba untuk memainkan tema rumah pada level pertama.

Kami pun diminta untuk menerjemahkan kalimat berbahasa Indonesia menjadi kalimat berbahasa Jawa. Proses penerjemahan ini dilakukan hanya dengan menyusun kata-kata yang masih acak. Bila benar, nantinya aplikasi menampilkan padanannya dengan aksara Jawa.

  • Nulis Aksara

Memerlukan sedikit perjuangan ketika mencoba belajar menulis aksara Jawa dengan aplikasi aksara Jawa satu ini, sebab ketika pertama kali membukanya, pengguna langsung diminta menulis suatu kalimat.

Bila kalimat telah dimasukkan, aplikasi langsung menampilkan padanannya dengan aksara Jawa. Tak ada contoh penulisan yang benar serta ketentuan dalam menulis bila pengguna ingin berlatih langsung dalam menulis. Fitur untuk membalik input kalimat yang semula aksara Jawa menjadi huruf latin pun tak tersedia.

Akan tetapi untuk dapat menghafal dan mencermati tiap kata, Anda dapat mengeceknya pada tombol berbentuk buku di bagian pojok kanan atas. Terdapat beragam aksara dan seperti apa cara untuk membacanya dibagian tersebut. Hal menarik pada aplikasi ini adalah tak hanya menyediakan aksara Jawa, namun juga aksara Sunda, Lampung dan Bali.

  • Pepak Bahasa Jawa

Bisa dibilang Pepak Bahasa Jawa merupakan sebuah e-book dengan bentuk aplikasi. Terdapat tujuh garis besar materi yang tersedia. Akan tetapi bagi Anda yang sama sekali belum bisa menggunakan bahasa Jawa, bisa langsung membuka materi Paribasan dan aksara Jawa.

Hal ini dikarenakan hanya dua materi tersebut yang memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Pada materi Paribasan ada beragam peribahasa di dalam budaya Jawa, beserta maknanya dengan bahasa Indonesia.

Adapun untuk materi aksara Jawa, terdapat penjelasan mulai dari asal-usul, beragam huruf, sampai tanda baca aksara Jawa. Walau begitu tak terdapat contoh penulisan kata maupun kalimat menggunakan aksara Jawa. Tak tersedia pula game ataupun tes untuk bisa menguji kemampuan menulis aksara Jawa.

Nah itu tadi pembahasan tentang rekomendasi aplikasi untuk belajar aksara Jawa menggunakan perangkat Android. Masing-masing aplikasi tentu mempunyai ciri khas, keunggulan dan kelemahan. Akan tetapi bila harus memilih aplikasi mana yang terbaik bagi pemula, maka cobalah aplikasi aksara Jawa dengan pengantar bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.